Assalamu'alaikum Wr. Wb. | Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Ruteng | Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi dan Perkara Online
Menu


Profil Pengadilan Agama Ruteng

 Pengadilan Agama Ruteng diresmikan pengoperasiannya di awal Tahun 1984, di awal menjalankan fungsinya tersebutPengadilan Agama Ruteng hanya memiliki seorang Pimpinan Kantor/Panitera Kepala, yaitu bapak  SARWOHADI,BA.Baru pada awal tahun 1985, Pengadilan Agama Ruteng mendapat suntikan seorang  hakim An.Drs.RIDWAN ALI MUNIR serta seorang pegawai An. Drs. SULAIMAN ABDULLAH Melihat kondisi minimnya kuantitas SDM Kantor Pengadilan Agama pada saat itu, bapak H. SARWOHADI, BA. selaku Panitera kepala bapak H. SARWOHADI, BA. juga mengusulkan beberapa orang pegawai kantor Departeman Agama Kabupaten Manggarai untuk diangkat sebagai hakim agama tidak tetap, masing-masing atas nama M. YUSUF TAHIR, BA., RUSUL, BA., dan Drs. AHMAD ZM.

 Pada masa-masa awal beroperasinya Pengadilan Agama Ruteng, tidaklah serta merta langsung menempati sebuah gedung khusus. Layaknya kantor-kantor Pengadilan Agama lainnya di Indonesia di masa lalu, saat itu  Pengadilan Agama Ruteng menumpang berkantor di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kopeta Ruteng (saat ini lokasi tersebut berubah menjadi lokasi berdirinya pasar Inpres Ruteng). Namun berkat kegigihan serta usaha yang tidak kenal lelah yang dilakukan oleh Pimpinan Kantor Pengadilan Agama Ruteng saat itu bapak H. SARWOHADI, BA., dengan berbekal kedekatannya dengan aparat pemerintah setempat, pada akhirnya Pengadilan Agama Ruteng mendapatkan anggaran Balai sidang pada hari Jumat tanggal 1 Nopember 1985, dengan mengambil tempat di Gedung Cipta Ria, gedung balai sidang Pengadilan Agama Ruteng yang berlamat di Jalan Adicucipto-Ruteng dapat diresmikan oleh Koordinator Pemerintah Kota Ruteng yang ditandatangani oleh SOEPARJO RUSTAM selaku Menteri Dalam Negeri R.I saat itu.

 Saat ini gedung yang telah mengalami beberapa kali renovasi itu sudah tidak dipergunakan lagi sebagai kantor Pengadilan Agama Ruteng dan beralih fungsi menjadi Mess Hakim Pengadilan Agama Ruteng, karena sejak awal tahun 2015 Pengadilan Agama Ruteng telah pindah ke gedung yang baru yang berada di Jalan Satar Tacik.

 Pada mulanya Wilayah Hukum Pengadilan Agama Ruteng meliputi seluruh wilayah daerah Kabupaten Manggarai (yang kemudian menjadi 3 Kabupaten : Kab. Manggarai, Kab. Manggarai Barat, dan Kab. Manggarai Timur) yang luasnya hampir sama dengan luas Provinsi Bali  ± 7.779 km persegi, dengan Batas-batas sebagai berikut:

 1.         Utara berbatasan dengan Laut Flores

 2.         Selatan Berbatasan dengan Laut Sawu

 3.         Timur Berbatasan dengan Kabupaten Ngada

 4.         Barat berbatasan dengan Pulau Komodo.

 Seiring berjalannya waktu, berdasarkan Keputusan Presiden nomor 3 tahun 2011, yang didalamnya dinyatakan tentang pembentukan Pengadilan Agama Labuan Bajo, maka Wilayah Hukum Pengadilan Agama Ruteng pun menyisakan dua (2) Kabupaten, yaitu Kabupaten Manggarai dan Kabupaten Manggarai Timur, dengan batas-batas sebagai berikut;

 1.         Utara berbatasan dengan Laut Flores

 2.         Selatan berbatasan dengan Laut sawu

 3.         Timur berbatasan dengan Kabupaten Ngada

 4.         Barat berbatasan dengan Kabupaten Manggarai Barat (kecamatan Lembor)

 Pengadilan Agama Ruteng sesuai dengan tugas dan kewenangannya yaitu bertugas dan berwenang memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara di tingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam dibidang perkawinan, warisan dan wasiat, wakaf, zakat, infak, hibah, shodaqoh dan ekonomi syari’ah dan tugas dan kewenangan lain yang diberikan oleh atau berdasarkan Undang-undang.

 

Go to top