Assalamu'alaikum Wr. Wb. | Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Ruteng | Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi dan Perkara Online
Menu


 

           

Ruteng, 29 Agustus 2017, sidang keliling Pengadilan Agama Ruteng digelar kembali di Kantor Urusan Agama Kecamatan Reok, pada hari Senin tanggal 28 Agustus 2017, sidang keliling kali ini dilakukan oleh 2 Majelis Hakim dengan 15 perkara yang disidangkan yang kesemuaanya adalah perkara Isbath Nikah.

Rombongan sidang keliling ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Ruteng Sutaji, S.H., M.H., berangkat pada hari Minggu tanggal 27 Agustus 2017 pukul 13.00 WITA, karena jarak yang cukup jauh antara Pengadilan Agama Ruteng dan Lokasi tempat digelarnya sidang keliling yang memakan waktu sekitar 4 jam dengan jalan berliku-liku tajam sebagaimana ciri khas jalan-jalan di daerah pegunungan, Rombongan akhirnya tiba di lokasi pada pukul 17.05 WITA, meskipun perjalan cukup jauh dan melelahkan namun rombongan tetap menunjukan ekspresi semangat yang cukup tinggi demi terbantunya masyarakat pencari keadilan yang secara teritorial cukup jauh aksesnya ke Pengadilan Agama Ruteng.

Setibanya dilokasi rombongan yang terdiri 6 orang Hakim, 3 orang Panitera/Panitera Pengganti dan 2 orang Staf tersebut, langsung disambut hangat oleh Kepala KUA kecamatan Reok yang sudah menunggu di tempat penginapan dan kemudian Kepala KUA tersebut mempersilahkan kepada rombongan untuk beristirahat.

 Keesokan harinya pada hari senin 28 Agustus 2017 tepatnya pada pukul 09.00 WITA bertempat di KUA Kecamatan Reok, sebelum persidangan dimulai terlebih dahulu Ketua Pengadilan Agama Ruteng memberi sambutan dan sekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarakat pencari keadilan mengenai betapa pentingnya pernikahan itu harus dicatatkan dan dampak-dampak hukumnya terkait dengan permasalahan tersebut, setelah itu persidangaan dimulai dan selama proses persidangan berlangsung para pencari keadilan menunggu antrian sidang secara tertib. Sidang keliling yang berjumlah 15 perkara ini diselesaikan dalam waktu 1 hari dan kesemuanya dapat diselesaikan dan diputus pada hari itu juga oleh Majelis Hakim Pengadilan Agama Ruteng.

 

Ketua rombongan yang sekaligus adalah Ketua Pengadilan Agama Ruteng setelah dikonfirmasi oleh Tim IT PA Ruteng menjelaskan bahwa sidang keliling yang dilaksanakan di Kecamatan Reok ini adalah merupakan salah satu inovasi dari Mahkamah Agung, melalui Dirjen Badilag yang kemudian dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Ruteng menjadi program kerja tahun anggaran 2017, yang motivasinya menurut beliau adalah agar masyarakat pencari keadilan dapat dengan mudah untuk mengakses lembaga Peradilan (access to justice) melalui sistem jemput bola, karena jarak yang jauh akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit, sehingga dengan adanya sidang keliling ini para pencari keadilan dapat terbantu untuk mencari hak-hak hukumnya demi mendapatkan keadilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan. (Tim IT PA Ruteng).

Go to top