Assalamu'alaikum Wr. Wb. | Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Ruteng | Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi dan Perkara Online
Menu


 

           


 

Ruteng, (17/11/2017), Sidang keliling terakhir atau pamungkas di tahun 2017 ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 13 November 2017 di Desa Golo Lijun, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, dengan jumlah perkara sebanyak 16 perkara yang kesemuanya adalah perkara Itsbat Nikah prodeo.

Rombongan sidang keliling yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Ruteng Sutaji, S.H., M.H. berangkat dari Ruteng pada pukul 08.00 WITA, karena jarak yang cukup jauh antara Pengadilan Agama Ruteng dengan lokasi tempat digelarnya sidang keliling yang memakan waktu sekitar 8 jam lebih dengan medan yang sulit serta jalan yang berkelok-kelok sehingga rombongan tiba dilokasi tepatnya sekitar Jam 16.45 WITA, meskipun perjalan cukup jauh dan melelahkan namun rombongan tetap menunjukan ekspresi semangat yang cukup tinggi demi terbantunya pencari keadilan yang letaknya berada di daerah yang sangat terpencil. Setibanya dilokasi rombongan yang terdiri dari 13 orang personil tersebut langsung beristirahat di penginapan guna menyiapkan fisik untuk sidang keesokan harinya.

Kemudian dikeesokan harinya ketika rombongan tiba di lokasi digelarnya sidang keliling yaitu Balai Desa Golo Lijun rombongan disambut dengan hangat oleh Masyarakat pencari keadilan, Kepala Desa Golo Lijun serta Kepala KUA Kecamatan Elar, tepat pukul 09.00 WITA sidangpun dimulai dan selama proses persidangan berlangsung para pencari keadilan mengikuti jalannya persidangan dengan baik dan tertib.

Sidang keliling merupakan salah satu program kerja Pengadilan Agama Ruteng Tahun Anggaran 2017 yang bertujuan memberikan kemudahan akses bagi para pencari keadilan yang kebetulan bertempat tinggal jauh dari Pengadilan Agama Ruteng, tujuan ini sejalan dengan agenda besar Mahkamah Agung dan Dirjen Badilag untuk menciptakan kondisi dimana masyarakat (pencari keadilan) dengan mudah mendapatkan akses dan menyalurkan hak-haknya untuk mendapatkan keadilan dari lembaga peradilan sehingga asas sederhana, cepat dan biaya ringan dapat diimplementasikan dalam program kerja ini.

Persidangan yang ditutup sekitar jam 15.00 WITA tersebut, mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat pencari keadilan, mereka berharap pelayanan Pengadilan Agama Ruteng ini dapat terus ditingkatkan pada tahun-tahun berikutnya, sehingga masyarakat pencari keadilan yang kurang mampu dan berada di daerah terpencil dapat terbantu dengan program sidang keliling ini.

 

Go to top