Assalamu'alaikum Wr. Wb. | Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Ruteng | Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi dan Perkara Online
Menu


 

           

berita

Ruteng, 29 Agustus 2017, sidang keliling Pengadilan Agama Ruteng digelar kembali di Kantor Urusan Agama Kecamatan Reok, pada hari Senin tanggal 28 Agustus 2017, sidang keliling kali ini dilakukan oleh 2 Majelis Hakim dengan 15 perkara yang disidangkan yang kesemuaanya adalah perkara Isbath Nikah.

Read more: PENGADILAN AGAMA RUTENG GELAR SIDANG KELILING YANG KE-2 DI TAHUN 2017 DI KECAMATAN REOK KABUPATEN...

Sidang keliling perdana Pengadilan Agama Ruteng di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur pada hari Senin sampai dengan Selasa tanggal 9 sampai dengan 10 Mei 2017, sidang keliling ini dilakukan oleh 3 Majelis Hakim dengan  perkara yang disidangkan berjumlah 22 perkara yang kesemuaanya adalah perkara Itsbat Nikah prodeo.

 Rombongan sidang keliling ini berangkat pada hari Selasa tanggal 9 Mei 2017 pukul 06.00 WITA, karena jarak yang cukup jauh antara Pengadilan Agama Ruteng dan Lokasi tempat digelarnya sidang keliling yang memakan waktu sekitar 6 jam dengan jarak kurang lebih 100 Km dengan medan yang berat serta jalan yang berliku-liku tajam, rombongan akhirnya tiba di lokasi pada pukul 12.00 WITA, meskipun perjalanan cukup jauh dan melelahkan namun rombongan tetap menunjukan ekspresi semangat yang cukup tinggi demi terbantunya masyarakat pencari keadilan yang secara teritorial cukup jauh aksesnya ke Pengadilan Agama Ruteng.

Setibanya dilokasi rombongan yang terdiri 6 orang Hakim, 3 orang Panitera Pengganti dan 2 orang Staf tersebut, langsung disambut hangat oleh Kepala KUA kecamatan Sambi Rampas serta para pihak yang akan bersidang yang sudah menunggu di pintu masuk Kantor KUA Kecamatan Sambi Rampas, kemudian kepala KUA langsung mempersilahkan kepada rombongan untuk beristirahat sejenak untuk ISOMA.

Tepat pada pukul 13.00 WITA bertempat di aula KUA Kecamatan Sambi Rampas sebelum persidangan dimulai terlebih dahulu bapak H. Husnul Muhyidin, S.Ag. selaku Wakil Ketua Pengadilan Agama Ruteng memberi sambutan dan sekaligus membuka sidang keliling Pengadilan Agama Ruteng di KUA Kecamatan Sambi Rampas, kemudian  persidangaan dimulai dan selama proses persidangan berlangsung para pencari keadilan secara khidmat dan tertib menunggu giliran sidang. Sidang keliling yang berjumlah 22 perkara ini diselesaikan dalam waktu 2 hari dan kesemuanya dapat diselesaikan dan diputus pada hari itu juga oleh Majelis Hakim Pengadilan Agama Ruteng.

Ketua rombongan H. Husnul Muhyidin, S.Ag. setelah dikomfirmasi oleh Tim IT PA Ruteng menjelaskan bahwa sidang keliling yang dilaksanakan di Kecamatan Sambi Rampas Kabupaten Manggarai Timur ini merupakan sidang keliling perdana PA Ruteng tahun 2017 yang akan disusul di Kecamatan lainnya di Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur, motivasinya menurut beliau agar masyarakat pencari keadilan dapat dengan mudah untuk mengakses lembaga Pengadilan melalui sistem jemput bola, karena jarak yang jauh akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit sehingga dengan sidang keliling para pencari keadilan sangat terbantu untuk menyalurkan hak-hak hukumnya demi untuk mendapatkan keadilan yang mudah, cepat dan biaya ringan.

Persidangan yang ditutup pada hari Rabu tanggal 10 Mei 2017 sekitar pukul 12.00. WITA tersebut mendapat respons yang positif dari masyarakat pencari keadilan terutama para pihak yang berada di Kecamatan Sambi Rampas Manggarai Timur, ketika salah satu diatara pihak pencari keadilan yang sempat dikonfirmasi oleh Tim IT PA Ruteng menjelaskan bahwa dirinya sangat terbantu dengan adanya sidang keliling yang dilakukan oleh Pengadilan Agama Ruteng, karena jarak Pengadilan yang begitu jauh dari tempat tinggalnya sehingga sangat memakan waktu dan biaya sehingga banyak masyarakat yang karena keterbasan uang dan sedikitnya waktu sangat sulit untuk mendapatkan akses keadilan namun dengan adanya sidang keliling ini masyarakat sangat terbantu sekali.

Sekitar jam 13.00 WITA. setelah berpamitan kepada pihak KUA Kecamatan Sambi Rampas, rombongan sidang keliling Pengadilan Agama Ruteng yang diketuai oleh H. Husnul Muhyidin, S.Ag. tersebut pulang ke Ruteng, meskipun kelihatan lelah namun terlihat dari ekspresi mereka yang tetap energik hal tersebut menunjukkan bahwa pelayanan terbaik yang mereka berikan bagi masyarakat pencari keadilan merupakan kepuasan bathin tersendiri bagi mereka. (Team I.T. PA Ruteng).

 

Rabu, 25 April 2017 Pengadilan Agama Ruteng melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pengadilan Agama Ruteng dengan Lembaga Bantuan Hukum Manggarai Raya, bertempat di ruang rapat Pengadilan Agama Ruteng, setelah Tim Verifikasi dan Evaluasi Penyedia Jasa Konsultan Posyakum Pengadilan Agama Ruteng resmi menunjuk Lembaga Bantuan Hukum Manggarai Raya sebagai lembaga yang berhak melakukan Pengadaan Penyedia Jasa Pos Pelayanan Hukum di Pengadilan Agama Ruteng.

Read more: PENANDATANGAN MOU POSYAKUM PA RUTENG DENGAN LBH MANGGARAI RAYA

Rabu, tanggal 5 April 2017, Pengadilan Agama Ruteng menggelar acara rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua PA Ruteng Sutaji, S.H., M.H. bertempat di ruang sidang utama rapat tersebut diikuti oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Ruteng H. Husnul Muhyidin, S.Ag., seluruh Hakim, Pejabat Fungsional/Struktural dan karyawan/ti PA Ruteng.

Adapun agenda rapat kali ini adalah untuk menindaklanjuti hasil temuan Hakim Tinggi Pengawas Daerah PTA Kupang yang dilaksanakan pada hari Rabu sampai dengan Jum’at, tanggal 29-31 Maret 2017.


Dalam rapat Ketua menyatakan sekecil apapun temuan yang disampaikan oleh team pengawas harus ditindaklanjuti dan sudah harus selesai dalam waktu secepat mungkin. Janganlah sampai ada temuan yang diabaikan, oleh karena itu beliau dalam rapat ini meminta laporan dari masing-masing penanggung jawab  untuk menyampaikan hasil temuan dan pembinaan oleh team Pengawas PTA Kupang yang disampaikan secara langsung kepada masing-masing, karena sesuai dengan kenyataannya tidak semua temuan disampaikan pada saat acara ekspos.

Setelah masing-masing pejabat maupun petugas baik dari bidang kepaniteraan maupun bidang kesekretariatan menyampaikan laporannya, Ketua Pengadilan Agama Ruteng memberikan tanggapan sekaligus jalan keluar yang harus dilaksanakan berkaitan dengan hasil temuan tersebut.

Diakhir rapat beliau berpesan kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Ruteng untuk menjadikan hasil temuan tersebut sebagai pecut semangat untuk kedepannya agar dapat bekerja lebih baik lagi.

Ruteng, 03/04/2017, Setelah 3 hari mengadakan evaluasi yang dimulai dari tanggal 29 sampai 31 Maret 2017, pada hari terakhir tim dari Pengadilan Tinggi Agama Kupang yang dipimpin oleh Hakim Tinggi Pengawas Daerah Drs. H. Ahmad Munthohar, S.H., M.H., melakukan ekspos dari evaluasi kinerja yang telah dilaksanakan oleh PA Ruteng.

Read more: EKSPOS HASIL PEMBINAAN DAN PENGAWASAN OLEH HAKIM TINGGI PENGAWAS DAERAH PTA KUPANG

Page 1 of 12

Go to top