header transparent

on . Dilihat: 76

PENDAMPINGAN ZONA INTEGRITAS (ZI) MENUJU WILAYAH BEBAS KORUPSI (WBK)

 

ZI 44

 www.pa-ruteng.go.id

 

Kamis (11/02/2021), bertempat di ruang Media Center Pengadilan Agama Ruteng, segenap pimpinan mulai dari Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris dan seluruh pegawai struktural dan fungsional mengikuti zoom meeting bersama dengan Pengadilan Tinggi Agama Kupang dan seluruh Pengadilan Agama se wilayah Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini berdasarkan dari surat Pengadilan Tinggi Agama Kupang Nomor W23-A/411/OT.01.3/2/2021, tanggal 09 Januari 2021 tentang Pendamping Zona Integritas (ZI) menuju WBK di lingkungan Peradilan Agama Tahun 2021.

Tahun 2021 ini dimana semua lembaga pemerintahan sedang mewujudkan program Zona Integritas. Berlandaskan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 diharapkan target jangka pangjang ini akan terwujud tata pemerintahan yang baik dengan birokrasi pemerintahan yang professional, berintegritas tinggi, menjadi pelayan masyarakat dan abdi Negara. Untuk itu, perlu secara konkret dilaksanakan program reformasi birokrasi pada unit kerja di lingkungan Pengadilan Agama melalui upaya pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM. Sehingga DIrektorat Jenderal Bada Peradilan Agama (Dirjen Badilag) sendiri mengultimatum kepada seluruh Pengadilan Agama di Indonesia untuk sungguh-sungguh dalam mewujudkan Pembangunan Zona Integritas di masing-masing satkernya.

ZI 11

Mendapatkan gelar satker peraih Zona Integritas tentu sangat membanggakan, tapi untuk meraihnya tidak semudah membalik telapak tangan, tentu perlu usaha, kerja keras, dan komitmen bersama untuk mewujudkannya. Meraih predikat Zona Integritas ini merupakan hasil dari kerja tim dan kerja organisasi, karena yang akan dinilai adalah organisasi bukan individu per individu.

Kegiatan zoom meeting dengan PTA Kupang tersebut berupa pendampingan Virtual Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) melalui fasilitas media center masing-masing satker.

ZI 33

Tepat pukul 09.00 WITA, Ketua Pengadilan Tinggi Kupang YM Dr. Dra. Hj. Sisva Yetti, S.H., M.H, membuka pendampingan dengan memberikan ucapan selamat kepada Pengadilan Agama yang sudah meraih Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Lebih lanjut beliau menuturkan bahwa pimpinan sangat menentukan keberhasilan di dalam pembangunan Zona Integritas. Pimpinanlah yang harus pertama kali memahami peraturan-peraturan tentang pembangunan Zona Integritas. Semisal Permen PAN & RB Nomor 10 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah, SEMA tentang Pelaksanaan dan Evaluasi Zona Integritas serta Buku Saku Dirjen Badilag tentang Pedoman Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas di Peradilan Agama.

ZI 22

Selanjutnya masuk pada acara inti yaitu pembekalan yang diisi oleh Hakim Tinggi PTA Kupang. Beliau menyampaikan bahwa salah satu area Zona Integritas (ZI), area pertama adalah Manajemen Perubahan. Dalam mewujudkan Reformasi Birokrasi, Manajemen Perubahan ini sangat penting karena diperlukan untuk perubahan pola pikir atau mindset, budaya kerja, baik individual maupun institusional sehingga dapat terwujud birokrasi yang efisien, produktif dan profesional. Dalam mewujudkan perubahan kearah yang lebih baik diperlukan internalisasi nilai-nilai yang baik pula. Yaitu nilai-nilai Mahkamah Agung RI: Kemandirian, Integritas, Kejujuran, Akuntabilitas, Responsibilitas, Keterbukaan, Ketidakberpihakan dan Perlakuan yang sama dihadapan hukum.

Kegiatan pendampingan ini akan direncanakan secara berkala yang jadwalnya akan diinformasikan oleh Tim Pendamping dari PTA Kupang, dan akan dilakukan evaluasi atau pendampingan secara berlanjut pada awal atau pertengahan bulan Maret 2021 mendatang.

(Alfian)

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ruteng

Jalan  Satar  Tacik, Kelurahan Satar Tacik  Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur,  Kode Pos 86518

Telepon  : (0385) 2424045

 Faksmili  : (0385) 2424034 

 Email      : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Nomor Telpon Pengaduan 082144919665