header transparent

on . Dilihat: 46

PERINGATAN NUZULUL QUR’AN DAN BUKA PUASA BERSAMA

PENGADILAN AGAMA RUTENG

 puasa3

www.pa-ruteng.go.id

 

Ruteng, Pengadilan Agama Ruteng mengadakan acara Peringatan Nuzulul Qur’an dan buka puasa bersama yang diselenggarakan pada Kamis, 29/04/2021. Acara tersebut dalam rangka untuk mempererat tali silaturrahmi antar para pegawai Pengadilan Agama Ruteng sekaligus meningkatkan kadar keimanan pada bulan Ramadhan yang penuh dengan berkah. Kegiatan ini sudah menjadi tradisi bertahun-tahun untuk mengisi kegiatan pada Bulan Suci Ramadhan 1442 H yang bertempat di Mushola Lantai 2 Pengadilan Agama Ruteng.

Acara dimulai pukul 17.00 WITA, diawali dengan sambutan Ketua Pengadilan Agama Ruteng, Ibu Irwahidah MS, S.Ag., M.H. Kemudian dilanjutkan dengan ceramah menjelang buka puasa yang disampaikan oleh Bapak Rifqi Kurnia Wazzan, S.H.I., M.H., dan ditutup dengan doa oleh Bapak Wakil Ketua Pengadilan Agama Ruteng, Bapak Ridwan ,S.H.I. Saat waktu berbuka tiba, para pegawai dipersilahkan menikmati hidangan ringan buka puasa untuk membatalkan puasa dan dilanjutkan dengan Shalat Maghrib Berjamaah. Seusai shalat,barulah hidangan inti disajikan. Seluruh jajaran pegawai Pengadilan Agama Ruteng menikmati hidangan buka puasa, kental dengan nuansa akrab kekeluargaan.

puasa2

Ketua Pengadilan Agama Ruteng yaitu YM Irwahidah MS, S.Ag., M.H, dalamsambutannya bahwa melalui buka puasa tahun ini semoga kita tetap berjalin dengan baik, silaturahmi kita ini seperti motto kebanggaan yaitu “DKRAENG” (Dinamis, Kompak, Ramah, Elegan, Nyaman dan Gigih). Mudah-mudahan ini bukan sekedar motto tetapi tujuan kita selama berada di Pengadilan Agama Ruteng maupun diluar silaturahmi tetap berjalan.

puasa4

Selanjutnya ceramah yang disampaikan oleh Ust. Rifqi K. Wazzan, S.H.I., M.H, memaknai ibadah puasa Ramadhan sebagai ibadah yang luar biasa, sebab bukan sekedar menahan lapar dan minum namun juga harus bias mengendalikan hawa nafsu, baika marah dan lain sebagainya. Bahwa makna Iqra’ di dalam Tafsir Jalalain bermakna “memulai membaca”, dan ayat ini dijadikan hujjah bahwa setiap pergantian surat di dalam al-Qur’an harus dimulai dengan membaca“Bismillahirrahmanirrahim”dan menurutTafsir Al-Misbah dikatakan bahwa Iqra’berasal dari kata Qara’a yang artinya menghimpun. Bahkan, secara ontologism iqra’ adalah sumber ilmu pengetahuan, sedangkan obyeknya ada 2 jenis yaitu ayat-ayat Allah SWT yang tertulis, dan jug aayat-ayat Allah SWT yang tidak tertulis seperti alam jagad raya dengan segala hokum kausalitasnya, ditelaah, diteliti, diidentifikasi, dikategorisasi, dibandingkan, dianalisa dan disimpulkan menjadi ilmu pengetahuan.

puasa1

Seusai ceramah, acara terakhir ditutup dengan Shalat Maghrib, Shalat Isya dan Sholat Tarawih berjamaah.

Semoga Allah SWT memberikan kekuatan, kesehatan, dan kesempatan untuk dapat menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan yang akan datang. Amin YaRobbal 'Alamin.

(Alfian)

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ruteng

Jalan  Satar  Tacik, Kelurahan Satar Tacik  Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur,  Kode Pos 86518

Telepon  : (0385) 2424045

 Faksmili  : (0385) 2424034 

 Email      : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Nomor Telpon Pengaduan 082144919665