header transparent

on . Dilihat: 41

Upaya Merealisasikan Program Sidang Keliling, PA Ruteng Jalin Komunikasi Dengan Kemenag Manggarai Timur dan KUA Setempat

WhatsApp Image 2021 05 20 at 15.07.25

Rabu, 19 Mei 2021, tepatnya pukul 08.00 WITA, Ketua beserta Wakil Ketua Pengadilan Agama Ruteng berangkat menuju Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai Timur. Perjalanan Dinas ini dalam rangka menindaklanjuti hasil komunikasi untuk pelaksanaan Sidang Keliling Pengadilan Agama Ruteng Tahun 2021. Dibutuhkan waktu tempuh 1,5 jam perjalanan dari Kantor Pengadilan Agama Ruteng untuk tiba di Mangarai Timur tersebut. Setelah sampai di Kantor Kemenag Manggarai Timur, Ketua dan Wakil PA Ruteng disambut dengan hangat dan antusias oleh Kepala Seksi Bimas Islam Kementerian Agama Kabupaten Maggarai Timur.

WhatsApp Image 2021 05 19 at 11.09.55

Dengan hari yang sama, Panitera dengan didampingi oleh Hakim Pengadilan Agama Ruteng pukul 07.00 WITA bertolak dari Kantor Pengadilan Agama Ruteng menuju KUA Kecamatan Sambi Rampas. Tujuannya adalah untuk memantapkan persiapan Sidang Keliling Pengadilan Agama Ruteng tahun 2021. Dibuthkan waktu tempuh sekitar 4 (empat) jam perjalanan menuju KUA Kecamatan Sambi Rampas. Kedua tim ini berangkat terpisah karena adanya perbedaan arah antara Kantor Kementerian Manggarai Timur dan KUA Kecamatan Sambi Rampas. Sehingga demi efisiensi dan efektifitas maka harus dilaksanakan bersamaan dan berjalan terpisah agar dalam satu hari tersebut komunikasi bisa berjalan lancar dan tepat sasaran.

Tepat pukul 09.30 WITA rombongan Pengadilan Agama Ruteng tiba di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai Timur, di dalam pembicaraan tersebut, Ibu Ketua Pengadilan Agama Ruteng (Irwahidah, MS, S.Ag., M.H.) menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya di Kemenag Manggarai Timur yaitu menindaklanjuti rencana pelaksanaan Sidang Keliling Pengadilan Agama Ruteng tahun 2021. Bak gayung bersambut, Kasi Bimas Islam yaitu Bapak Drs. Abdurrazak, memberikan sebuah titik terang bahwa selama ini beliau selalu menekankan dan mensosialisasikan kepada seluruh Kepala KUA se-Kabupaten Manggarai Timur untuk mensukseskan program Sidang Keliling Itsbat Nikah ini, karena itu adalah hak masyarakat dalam memperoleh pelayanan hukum, terutama bagi yang tidak mampu. Pengadilan Agama adalah mitra KUA, maka diperlukan sebuah Whole of Government agar program Negara bisa langsung dirasakan dan bermanfaat untuk masyarakat.

Di tempat lain, Kepala KUA Kecamatan Sambi Rampas (Bapak H. Abdul Kadir, S.Ag) menyambut baik kedatangan Tamu dari Pengadilan Agama Ruteng. Sambutan baik ini merupakan angin segar terhadap berjalannya program Mahkamah Agung untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dalam mendapatkan legalitas perkawinannya. Karena dengan adanya bukti otentik akta nikah, Negara mampu melindungi hak-hak yang harus didapatkan di dalam sebuah perkawinan. Pak Haji Kadir, – begitu kami memanggilnya – siap membantu Program Sidang Keliling yang dijalankan oleh Pengadilan Agama Ruteng. Dan berdasarkan surat dari Pengadilan Agama Ruteng ini, Pak Haji Kadir akan memerintahkan pegawainya untuk mengumumkan perihal tersebut ke masjid-masjid yang ada di Kecamatan Sambi Rampas agar diketahui oleh masyarakat luas. Sehingga sosialisasi sidang keliling nantinya dari hulu ke hilir bisa berjalan dengan lancar.

Semoga kerja tim di Pengadilan Agama Ruteng untuk melayani masyarakat menjadi sebuah ladang pahala yang diterima oleh Allah SWT. Amiin..

(_Wazzan_)

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ruteng

Jalan  Satar  Tacik, Kelurahan Satar Tacik  Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur,  Kode Pos 86518

Telepon  : (0385) 2424045

 Faksmili  : (0385) 2424034 

 Email      : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Nomor Telpon Pengaduan 082144919665