header transparent

on . Dilihat: 58

Tingkatkan Pelayanan Prima:

PA Ruteng “Rangkul” BRI Cabang Ruteng Laksanakan DDTK

WhatsApp Image 2021 05 20 at 15.36.47 

Kamis, 20 Mei 2021 Pengadilan Agama Ruteng melaksanakan Diklat Di Tempat Kerja (DDTK) untuk meningkatkan Pelayanan Prima Petugas PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dengan narasumber dari BRI Cabang Ruteng yaitu Bapak Choirul Aziz Anwar Saleh. Acara ini dilaksanakan di ruang sidang Pengadilan Agama Ruteng pada pukul 14.30-16.30 WITA yang dihadiri oleh Ketua, Wakil, Hakim-Hakim, Panitera, Sekretaris dan seluruh Pegawai Negeri Sipil, terutama Petugas PTSP yang nantinya ada di garda terdepan didalam menerapkan pelayanan prima kepada masyarakat para pencari keadilan.

Sebelum itu, tepatnya pada tanggal 18 Mei 2021 Pengadilan Agama Ruteng telah bersurat kepada Pimpinan Cabang BRI Ruteng yaitu Bapak Ahmad Sudiyana Suwandi yang didalamnya disampaikan bahwa, memohon kepada pihak BRI Cabang Ruteng agar mengirimkan narasumber untuk mengisi materi yang berkaitan dengan Pelayanan Prima di Pengadilan Agama Ruteng. Alhamdulillah, karena antara pihak Pengadilan Agama Ruteng dan BRI Cabang Ruteng telah terjalin komunikasi yang baik sebelumnya, pihak BRI langsung memberikan respon dengan mempersiapkan narasumbernya untuk hadir 2 (dua) hari setelah surat tersebut disampaikan.

WhatsApp Image 2021 05 20 at 15.36.45

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Ruteng (Irwahidah, MS, S.Ag., M.H.) menyampaikan bahwa pertama, di Nusa Tenggara Timur terdapat 14 Pengadilan Agama, dan program Zona Integritas yang lolos seleksi diambil hanya 4 Pengadilan Agama se-NTT. Alhamdulillah Pengadilan Agama Ruteng masuk dalam kategori untuk mengikuti seleksi Zona Integritas selanjutnya. Yang kedua adalah, Kelemahan pengadilan adalah di area pelayanan. Karena dulu keramahan pelayanan di pengadilan dianggap sebagai ketidakberpihakan, atau justru dianggap sebagai ketidakadilan. Sedangkan tuntutan zaman sekarang berubah, pelayanan masyarakat harus dilaksanakan sebaik mungkin, karena masyarakat sekarang adalah raja, keramahan petugas menjadi wajib adanya, dan dengan adanya Zona Integritas sekarang Pengadilan Agama harus melayani, bukan lagi dilayani. Sehingga kami mohon kepada mitra kami, yaitu dari BRI Cabang Ruteng untuk membagi ilmu dan pengalamannya agar pelayanan di Pengadilan Agama Ruteng bisa sebaik pelayanan di perbankan.

WhatsApp Image 2021 05 20 at 15.40.12

Acara kemudian dilanjutkan dengan materi Pelayanan Prima yang dibawakan oleh Bapak Choirul Aziz Anwar Saleh. Di dalam penjelasan materinya, bahwa Pengadilan Agama harus berbenah, karena tuntutan publik terhadap pelayanan peradilan yang berkualitas semakin tinggi. Sehingga paradigmanya harus dirubah dari ingin dilayani menjadi untuk melayani dengan sepenuh hati dan penuh keikhlasan. Selain itu narasumber menjelaskan bahwa Pelayanan Prima adalah pelayanan kepada para pihak sehingga pihak merasa puas dengan pelayanan pengadilan agama dengan sepuas-puasnya.

Selain materi dalam bentuk PPT dan presentasi yang menarik, narasumber juga mengadakan simulasi pelayanan prima yang dipandu oleh Ibu Maria Goldiyeyen Hass (BRI Cabang Ruteng), yang langsung dipraktekkan oleh Petugas PTSP yaitu Khairul Anam, Fitri Widyawati, Azzan Mustofa, Sahrir Ramadan dan Areb. Simulasi ini diharapkan agar antara materi yang disampaikan bisa diimplementasikan didalam pelayanan sehari-hari.

WhatsApp Image 2021 05 20 at 16.07.06

 

Melalui sistem pembelajaran yang menarik dan tidak monoton, peserta DDTK antusias dan enjoy untuk menerima ilmu pelayanan prima dari BRI Cabang Ruteng. Sehingga, materi yang disampaikan mudah terserap dan dipahami oleh seluruh peserta, khususnya Petugas PTSP Pengadilan Agama Ruteng. Dengan harapan, kedepannya Pengadilan Agama Ruteng mampu menerapkan Pelayanan Prima dengan maksimal sebagai implementasi dari keseriusan Pengadilan Agama mewujudkan Zona Integritas.

(_wazzan_)

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ruteng

Jalan  Satar  Tacik, Kelurahan Satar Tacik  Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur,  Kode Pos 86518

Telepon  : (0385) 2424045

 Faksmili  : (0385) 2424034 

 Email      : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Nomor Telpon Pengaduan 082144919665