header transparent

on . Dilihat: 67

PENGADILAN AGAMA RUTENG GELAR SIDANG KELILING PERTAMA TAHUN 2021

 sidang 3

www.pa-ruteng.go.id

Borong-Selasa (29/06/2021), dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan, pelaksanaan sidang keliling Pengadilan Agama Ruteng kembali dilaksanakan. Kali ini lokasi yang ditunjuk adalah KUA Kecamatan Borong Kabupaten Manggarai Timur. Tim sidang keliling Pengadilan Agama  Ruteng berangkat dari kantor menuju tempat pelaksanaan  sidang pukul 07.00 WITA dengan menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam, yang diketuai oleh YM Irwahidah MS, S.Ag., M.H ( selaku Ketua), YM Ridwan, S.H.I (selaku Wakil Ketua), YM Rifqi K. Wazzan, S.H.I., M.H. YM Rofi’ Almuhlis, S.H.I (selaku Hakim), Abdul Qodir, S.H.I (selaku Panmud Gugatan), Khairul Anam (selaku Operator), Azzan Ashadi Mustofa dan Ahmad Junaidi (driver). Adapun pelaksanaan sidang keliling dimulai pukul 09.00 WITA sampai selesai.

Untuk tahap awal pelaksanaan sidang keliling menangani 12 (dua belas) perkara. Yang dibagi menjadi 2 (dua) bagian, yaitu 6 (enam) perkara dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2021 dengan Ketua Majelis YM Irwahidah MS, S.Ag., M.H dan 6 (enam) perkara lainnnya akan dilanjutkan esok harinya tanggal 30 Juni 2021, dengan Ketua Majelis YM Ridwan, S.H.I.

 sidang 1

Tujuan dari adanya sidang keliling tidak hanya sekedar sarana proses persidangan yang bermanfaat memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan, tetapi juga menjadi media mewujudkan proses peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan serta meningkatkan Kesadaran Hukum, sebab masih banyak masyarakat yang abai dengan kepentingan hukum khususnya tentang perkawinan dibawah tangan.

Ketua Pengadilan Agama Ruteng Irwahidah MS, S.Ag., M.H dalam sambutannya mengatakan bahwa, harapan kami kedepannya agar semua proses akad nikah ada prosedurnya, ikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh negara, dalam hal ini ada KUA yang diamanahi untuk melayani administrasi perkawinan masyarakat. Selain itu, semoga masyarakat bisa turut memberikan andil berupa masukan, kritikan maupun saran yang membangun kepada Pengadilan Agama Ruteng agar terus berbenah demi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pencari keadilan di Kabupaten Manggarai Timur.

sidang 2

Menurut para pihak yang mengajukan perkara sidang keliling (di luar gedung), pelaksanaan sidang ini sangat membantu masyarakat karena perjalanan dari rumah ke tempat sidang luar gedung lebih dekat jika dibandingkan untuk bersidang di Kantor Pengadilan Agama Ruteng yang menempuh 2 -3 jam perjalanan.

sidang 4

Alhamdulillah sidang keliling di KUA Borong ini berjalan dengan lancar, dalam persidangan kali ini tidak lupa pula seluruh pihak yang terlibat wajib menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan Instruksi Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur. Mulai dari penggunaan masker sampai dengan mencuci tangan sebelum masuk persidangan. Ini semua adalah ikhtiar dalam memutuskan rantai penyebaran Virus Corona dan sekaligus melayani masyarakat pencari keadilan.

(Alfian)

PENGADILAN AGAMA RUTENG GELAR SIDANG KELILING PERTAMA TAHUN 2021

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ruteng

Jalan  Satar  Tacik, Kelurahan Satar Tacik  Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur,  Kode Pos 86518

Telepon  : (0385) 2424045

 Faksmili  : (0385) 2424034 

 Email      : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Nomor Telpon Pengaduan 082144919665