header web kuning crop

Ditulis oleh Miftah Faridi on . Dilihat: 161

Pelantikan Wakil Ketua PN Ruteng

IMG-20190620-WA0008 3.jpg

Ruteng I www.pa-ruteng.go.id I (20/06)

Ruteng yang masih diselimuti udara yang dingin, kedatangan personel baru khususnya di lembaga peradilan yang dalam hal ini Pengadilan Negeri Ruteng. Tepat jam 10.00 WITA, Pengadilan Negeri Ruteng punya "hajat" yakni acara sidang istimewa pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Ruteng. Acara yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Ruteng, YM Ibu Sarlota Marselina Suek, S.H. secara resmi melantik YM Charni Wati Ratu Mana, S.H., M.H. sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Ruteng. Acara yang dihadiri dari Forkompimda Kabupaten Manggarai. Ada Wakil Bupati Manggarai, Wakil Ketua Pengadilan Agama Ruteng, perwakilan dari Kodim, Polres Manggarai, Kajari Manggarai yang menghadiri acara tersebut, juga dihadiri undangan yang lain dari Hakim Pengadilan Negeri Ruteng dan Hakim Pengadilan Agama Ruteng, para jaksa dari Kejaksaan Negeri Manggarai, Peradi dan seluruh aparatur Pengadilan Negeri Ruteng. Acara pengambilan sumpah dan pelantikan berlangsung secara khidmat yang bertempat di ruang sidang Pengadilan Negeri Ruteng, dilanjutkan dengan perkenalan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Ruteng yang didampingi langsung oleh Suami beliau yang juga bertugas sebagai Hakim di Peradilan Umum, yakni Pengadilan Negeri Kupang. Dalam perkenalannya, beliau pernah bertugas di Pengadilan Negeri di Wilayah NTT dan Sulawesi Selatan dan sebelum dilantik di Ruteng beliau merupakan Hakim di Pengadilan Negeri Kediri.

Ada yang menarik dari acara kali ini, menurut informasi yang diterima oleh tim, ini adalah pertama kalinya Lembaga Peradilan di Manggarai dipimpin oleh srikandi. Ya, Pengadilan Negeri Ruteng oleh Ketua ibu Sarlota Marselina Suek, S.H. dan Wakil Ketua ibu Charni Wati Ratu Mana, S.H., M.H. yang berasal dari perempuan, begitupun Pengadilan Agama Ruteng juga dipimpin oleh perempuan yang dalam hal ini Wakil Ketua Pengadilan Agama Ruteng, ibu Irwahidah MS, S.Ag., M.H. Karena jabatan Ketua Pengadilan Agama Ruteng sejak tahun 2018 sampai saat ini masih belum terisi setelah dijabat oleh Bapak Sutaji, S.H., M.H. yang mutasi menjadi Ketua Pengadilan Agama Tabanan. Selama ini, kaum "adam"lah yang mendominasi pimpinan peradilan di Manggarai (Ruteng). Di wilayah lain, mungkin ini bukanlah hal yang baru. Tentu ini merupakan sejarah baru di wilayah Manggarai. Srikandi-srikandi memimpin lembaga peradilan di wilayah manggarai, baik Peradilan Umum maupun Agama. Srikandi-srikandi pun memiliki kesempatan yang sama dengan kaum "bapak-bapak" untuk memimpin lembaga peradilan. (Tim/AdmMF)

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ruteng

Jalan  Satar  Tacik, Kelurahan Satar Tacik  Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur,  Kode Pos 86518

Telepon  : (0385) 2424045

 Faksmili  : (0385) 2424034 

 Email      : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.