header web kuning crop

Ditulis oleh Fitri on . Dilihat: 91

Pengadilan Agama Ruteng Sosialisasikan E-Court kepada Advokat

e court 2

Ruteng I www.pa-ruteng.go.id I 15/07

Bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Ruteng, pada hari Senin tanggal 15 Juli 2019 Pengadilan Agama Ruteng mengadakan sosialisasi Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan secara elektronik. Acara yang dimulai sekitar jam 10.00 WITA pagi ini dimulai dengan sambutan Wakil Ketua Pengadilan Agama Ruteng selaku pimpinan Pengadilan Agama Ruteng, Ibu Irwahidah MS, S.Ag., M.H. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya Perma tersebut karena suka tidak suka, mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan zaman yang dalam hal ini informasi teknologi yang berlangsung pesat. Sosialisasi ini diharapkan agar para advokat khususnya di wilayah Manggarai bersedia dan mendaftarkan perkara di Pengadilan melalui e-Court. Saat ini, Pengadilan Agama di wilayah NTT hanya Pengadilan Agama Kupang yang sudah ada yang mendaftar perkara secara elektronik (e-Court) sedangkan Pengadilan Agama yang  lain masih belum ada, tidak terkecuali Pengadilan Agama Ruteng.

Sebagai pemberi materi pada acara kali ini, Bapak Miftah Faridi, Hakim di Pengadilan Agama Ruteng. Dalam pemaparannya, e-Court merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan pihak berperkara melakukan proses pendaftaran secara online. e-Court merupakan amanah dari Mahkamah Agung sendiri untuk dilaksanakan di seluruh pengadilan. Dalam e-Court sendiri terdiri dari 3 bagian yakni e-filling (pendaftaran perkara), e-payment (pembayaran panjar perkara) dan e-summons (pemanggilan pihak) yang kesemuanya dilakukan secara online. Untuk saat ini, hanya advokat yang sudah terdaftar dan terverifikasi lah yang dapat melakukan pendaftaran secara elektronik. 

e court

E-court sendiri merupakan jawaban agar tercapai asas sederhana dan biaya ringan. Selain itu, merupakan tuntutan dari perkembangan teknologi informasi yang berjalan pesat. Salah seorang advokat yang hadir pada kali ini menyampaikan sudah beberapa kali mendaftarkan perkara secara elektronik dan sangat menyambut baik acara ini, dan juga menyampaikan beberapa kendala di lapangan baik kendala teknis maupun non teknis, akan tetapi dengan adanya e-court sendiri sangat membantu sekali dalam hal ini data dukung yang selama ini selalu dibawa seperti KTA, Berita Acara Sumpah karena data tersebut telah tersimpan otomatis sewaktu pendaftaran akun, jadi tidak perlu kita harus bawa terus.  Lebih lanjut, beliau menyampaikan ada beberapa kendala yang lain seperti seorang advokat harus memiliki akun email yang masih belum dimiliki, perangkat yang belum tersedia dan lainnya.

e court 3

Selain dihadiri para advokat, acara ini juga dihadiri oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Ruteng mulai dari pimpinan Pengadilan Agama Ruteng, Hakim, Pejabat Fungsional dan Struktural serta Tenaga Honorer Pengadilan Agama Ruteng yang pada akhir acara, seluruh peserta berfoto bersama. (adm)

Untuk download materi silakan klik download

 

 

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ruteng

Jalan  Satar  Tacik, Kelurahan Satar Tacik  Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur,  Kode Pos 86518

Telepon  : (0385) 2424045

 Faksmili  : (0385) 2424034 

 Email      : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.