header web kuning crop

Ditulis oleh Rifqi Kurnia Wazzan on . Dilihat: 73

Sosialisasi dan Simulasi APAR di Pengadilan Agama Ruteng

WhatsApp Image 2020 09 11 at 14.32.35

www.pa-ruteng.go.id I 11/09/2020

 

Pengadilan Agama Ruteng, pada hari Jumat, tanggal 11 September 2020, setelah pelaksanaan senam pagi, bertempat di halaman belakang kantor Pengadilan Agama Ruteng, berlangsung acara sosialisasi dan simulasi Alat Pemadam Api Ringan (APAR) oleh Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Manggarai dalam rangka penanggulangan bencana kebakaran. Alat Pemadam Api Ringan (APAR) adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil. Acara sosialisasi tidak ditempatkan di area dalam kantor, namun area terbuka, sekaligus dilaksanakannya simulasi APAR.

WhatsApp Image 2020 09 11 at 14.32.38 2WhatsApp Image 2020 09 11 at 14.32.37 1

Kebakaran merupakan salah satu ancaman yang berbahaya dan dapat mengakibatkan korban jiwa jika kita tidak melakukan upaya yang tepat dalam mencegah kebakaran. Hal inilah yang menjadi dasar dilaksanakan Sosialisasi dan Simulasi Alat Pemadam Api Ringan di Pengadilan Agama Ruteng.

Tepat pukul 09.00 WITA Acara Sosialisasi dan Simulasi ini diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, seluruh Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, dan seluruh pegawai Pengadilan Agama Ruteng. Acara di buka dengan pemberian sambutan oleh Ketua Pengadilan Agama Ruteng Ibu Irwahidah MS, S.Ag., M.H, dan acara selanjutnya diserahkan kepada Pamateri Bapak Dedi Wahyudin dari UPT Pencegahan dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Manggarai dengan penyampaian informasi mengenai jenis APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang tersedia di Pengadilan Agama Ruteng.

Dalam penjelasan yang disampaian tim UPT Pencegahan dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Manggarai diantaranya adalah (1). Mengidentifikasi sumber-sumber kebakaran, tanggap darurat dan penangannya, (2). Melaksanakan pemadaman kebakaran dengan menggunakan prinsip pemadaman api, (3). Mengidentifikasi alat pemadam berdasarkan sumber kebakaran, dan (4). Mampu menggunakan alat-alat pemadam kebakaran khususnya Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

 WhatsApp Image 2020 09 11 at 14.32.38

Setelah sosialisasi dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan simulasi pemadam kebakaran yang bertempat di halaman belakang (parkir dan lapangan voli) Pengadilan Agama Ruteng oleh Tim dari Pemadam Kebakaran Kabupaten Manggarai.

WhatsApp Image 2020 09 11 at 15.12.54

Sosialisasi dan simulasi ini dilakukan dalam rangka pencapaian Akreditasi Penjaminan Mutu di Pengadilan Agama Ruteng yang merupakan agenda penting di tahun 2020 ini. Pelatihan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada pegawai tentang fungsi Alat Pemadam Api Ringan (APAR), juga melatih para pegawai agar mampu menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dengan tepat dan benar untuk menanggulangi kebakaran dalam skala kecil. (_Wazzan_)

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ruteng

Jalan  Satar  Tacik, Kelurahan Satar Tacik  Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur,  Kode Pos 86518

Telepon  : (0385) 2424045

 Faksmili  : (0385) 2424034 

 Email      : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.