header transparent

Observasi Tim Asessment PTA NTT terhadap Kerja Tim APM PA Ruteng

Ditulis oleh Rifqi Kurnia Wazzan on . Posted in Berita

Ditulis oleh Rifqi Kurnia Wazzan on . Dilihat: 186Posted in Berita

ASESSMENT SURVEILLANCE AKREDITASI PENJAMINAN MUTU PTA NTT

ke PENGADILAN AGAMA RUTENG

WhatsApp Image 2020 11 20 at 15.52.23

www.pa-ruteng.go.id

Ruteng – Rabu 11 November 2020, Pengadilan Agama Ruteng kedatangan Tim Asessment Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Timur. Kegiatan Asessment ini dipimpin oleh Nurhayati Lepang Ama, S.Kom (Kasubag Kepegawaian dan TI PTA NTT) sebagai Lead Asessor dan Siswanti, ST (Kasubbag Rencana Program dan Anggaran PTA NTT) sebagai pendamping Lead Asessor. Menyandang dengan predikat “B” dalam penilaian Akreditasi Penjaminan Mutu dari Ditjen Badilag tahun lalu, membuat Pengadilan Agama Ruteng semakin berbenah dan berusaha secara maksimal untuk mengembalikan predikat “A” (Excellent) yang dulu pernah diraihnya. Untuk mencapai itu, Pengadilan Agama Ruteng berupaya konsisten dalam mengimplementasikan program APM ini, agar kembali bisa meraih predikat “A” (excellent).

WhatsApp Image 2020 11 20 at 15.52.23 1

Mengawali pertemuan dalam kegiatan Asessment Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu di Pengadilan Agama Ruteng, dilaksanakan dengan bersama-sama menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung. Pada kesempatan pertama Ketua Pengadilan Agama Ruteng Irwahidah MS, S.Ag., M.H. selaku Top Manajemen mempresentasikan capaian Pengadilan Agama Ruteng dari 7 Area Standar Penjaminan Mutu. Sebelum memulai presentasi, Ketua Pengadilan Agama Ruteng mengajak seluruh personil Pengadilan Agama Ruteng untuk memberi semangat dan memberikan Yel,,Yel,, dimana berbunyi (Mahkamah Agung Unggul, Badilag Excellent, PTA NTT Smart, Pengadilan Agama Ruteng D’Kraeng Yes…Yes…Yes…). Di akhir presentasi, Ketua Pengadilan Agama Ruteng sangat berharap Pengadilan Agama Ruteng dapat meningkatkan predikat B menjadi A Excellent setelah Asessment Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu ini.

WhatsApp Image 2020 11 20 at 15.52.23 2WhatsApp Image 2020 11 20 at 15.52.23 3

Dalam suasana yang sangat familiar, Lead Assesor menyampaikan bahwa untuk metode dalam surveillance ini, berbeda dengan surveillance sebelumnya, yang mana pada surveillance dahulu, Tim Asessor datang dan melakukan penilaian terhadap dokumen dan sarana prasarana pada Pengadilan Agama yang dituju. Akan tetapi pada Surveillance kali ini, atas petunjuk Badilag, dokumen tersebut telah dikirim ke Tingkat Banding terlebih dahulu untuk dilakukan telusur dokumen. “Sehingga pada kesempatan ini, kami hanya melakukan Observasi Implementasi APM di Pengadilan Agama Ruteng”, tegasnya.

WhatsApp Image 2020 11 20 at 15.52.23 4

Kegiatan dilanjut dengan Surveillance oleh tim Asessor APM. Pada tahap ini Asessor langsung memeriksa dokumen yang sudah ditelusuri dan mewawancarai para pihak di Pengadilan Agama Ruteng dan observasi terhadap dokumen yang sudah dikerjakan. Selama melaksanakan observasi, tim Asessor APM didampingi oleh para Pegawaiyang terkait dengan tupoksinya.

WhatsApp Image 2020 11 20 at 15.52.23 5

Rangkaian Asessment Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu diakhiri dengan Closing Meeting yang diadakan di Ruang Sidang Pengadilan Agama Ruteng. Kegiatan Penjaminan Mutu yang sudah dilaksanakan bukan bersifat sementara tetapi harus terus menerus dilaksanakan baik dalam konteks Prosedur Mutu maupun dari sisi implementasi di lapangan, serta eviden bahwa pelaksanaan memang ada dan dijalankan, menjadi bagian dari sebuah kegiatan manajemen.

WhatsApp Image 2020 11 20 at 15.52.23 6

 

Dalam sambutannya, Asessor APM Nurhayati Lepang Ama, S.Kom (Kasubag Kepegawaian dan TI PTA NTT) berharap semoga hasil yang dicapai bisa membanggakan dengan meningkatkan predikat menjadi “A Excellent”. Acara ditutup dengan penandatanganan kontrak kerja sekaligus penyerahan dokumen hasil temuan dari Assesor APM kepada Ketua Pengadilan Agama Ruteng sebagai Top Manajemen. (_Wazzan_)

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ruteng

Jalan  Satar  Tacik, Kelurahan Satar Tacik  Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur,  Kode Pos 86518

Telepon  : (0385) 2424045

 Faksmili  : (0385) 2424034 

 Email      : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Nomor Telpon Pengaduan 082144919665