header web kuning crop

Tamu Istimewa Singgah di PA Ruteng: "Monitoring dan Pengawasan Daerah PTA NTT"

Ditulis oleh Rifqi Kurnia Wazzan on . Posted in Berita

Ditulis oleh Rifqi Kurnia Wazzan on . Dilihat: 116Posted in Berita

WAKA PTA MEMIMPIN MONITORING PENGAWASAN DAERAH PTA NTT DI PA RUTENG

WhatsApp Image 2020 11 20 at 15.55.25 2

www.pa-ruteng.go.id

Senin, 16 November 2020 Masehi bertepatan dengan tanggal 01 Rabiul Akhir 1442 Hijriah Pengadilan Agama Ruteng kedatangan Tim dari Pengadilan Tinggi Agama NTT. Tim Monitoring Pengawasan Daerah ini terdiri dari Drs. H. Achmad Hanifah, M.H.E.S (Wakil Ketua PTA NTT/Ketua Tim) dengan didampingi oleh Drs. H. Syaiful Heja, S.H., M.H (Hakim Tinggi PTA NTT), Adenan, S.H., M.H (Kabag Perencanaan dan Kepegawaian PTA NTT), Husen Ute, S.H.I (Panitera Pengganti PTA NTT), dan Junaidin (Pengadministrasian Umum PTA NTT). Pelaksanaan Monitoring Pengawasan Daerah ini mulai tanggal 16 November 2020 sampai dengan 18 November 2020 berdasarkan Surat Tugas Ketua Pengadilan Tinggi Agama NTT Nomor W23-A/1757/PS.01/XI/2020 tanggal 08 November 2020.

WhatsApp Image 2020 11 20 at 15.55.25

Kedatangan tim PTA NTT terlebih dahulu disambut dan diterima oleh Ketua Pengadilan Agama Ruteng, Irwahidah MS, S.Ag., M.H. Dengan didampingi Wakil Ketua, Hakim, Panitera dan Sekretaris PA Ruteng serta seluruh Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Tidak Tetap. Tepat setelah Tim Monitoring dan Pengawasan Daerah turun dari mobil, langsung disambut dengan yel-yel Pengadilan Agama Ruteng oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Ruteng dan juga disusul dengan 8 (delapan) nilai-nilai utama Mahkamah Agung, selanjutnya prosesi pengalungan kain adat manggarai dari Ketua Pengadilan Agama Ruteng kepada seluruh Tim Monitoring dan Pengawasan Daerah. Kemudian Tim menyampaikan maksud dan tujuannya ke Pengadilan Agama Ruteng dengan menyerahkan surat tugas dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama NTT.

WhatsApp Image 2020 11 20 at 15.55.25 1

Setelah disambut di halaman kantor PA Ruteng, Ketua PTA NTT beserta rombongan menuju lansung menuju ke ruang sidang untuk dilaksanakannya opening meeting, yang kemudian tim melihat seluruh ruangan kantor Pengadilan Agama Ruteng. Tujuan pertama adalah ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang disambut oleh petugas PTSP dengan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun). Tim juga memperhatikan 5RIN pada PA Ruteng yang kemudian diapresiasi positif oleh Tim baik mengenai akses pegawai dan para pihak maupun kenyamanan dalam pelayanan.

WhatsApp Image 2020 11 20 at 15.55.25 3

Selanjutnya Tim bergerak melakukan pembinaan dan pengawasan pada Pengadilan Agama Ruteng dengan memeriksa obyek pengawasan yaitu: 1. Manajemen Peradilan, 2. Administrasi Perkara, 3. Administrasi Persidangan dan Pelaksanaan Putusan, 4. Administrasi Umum, 5. Kinerja Pelayanan Publik, 6. Implementasi Kebijakan Badilag dalam pemanfaatan Teknologi Informasi.

WhatsApp Image 2020 11 20 at 15.55.25 4

Tim Pembinaan dan Pengawasan PTA NTT menyampaikan expose hasil pembinaan dan pengawasannya yang dilakukan di ruang sidang Pengadilan Agama Ruteng. Ketua Tim Pembinaan dan Pengawasan PTA NTT pada pengadilan Agama Ruteng menyampaikan bahwa dari hasil yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan pada pokoknya telah berjalan dengan baik, namun tetap harus ditingkatkan dan disempurnakan.

Dalam Pembinaanya Wakil Ketua PTA NTT Drs. H. Achmad Hanifah, M.H.E.S. menyampaikan tentang mewujudkan pemerintahan kelas dunia dengan Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas. Bagaimana meningkatkan kinerja, menanamkan delapan nilai Mahkamah Agung dan juga menjaga kebersamaan dalam membangun sebuah institusi. Wakil Ketua PTA menekankan agar tidak ada ego sektoral dalam sebuah satker, menurutnya SDM Pengadilan Agama Ruteng mempunyai keunggulan tersendiri dari satker lainnya. Beliau juga meminta agar satker melakukan respon yang cepat terhadap kebijakan Badilag setiap saat agar tidak tertinggal oleh zaman yang semakin cepat berubah.

WhatsApp Image 2020 11 20 at 15.55.25 5

Drs. H. Syaiful Heja, S.H., M.H (Hakim Tinggi PTA NTT), dalam pembinaanya menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian PA Ruteng yang senantiasa bersemangat luar biasa di tengah keterbatasan. Beliau menyampaikan bahwa kondisi Pengadilan Agama Ruteng telah jauh berubah, dari tampilan fisik kantor, fasilitas-fasilitas yang nyaman, Begitu juga ruang tamu terbuka dan ruang sidang yang dulu tidak representative saat ini telah sesuai dengan standar Dirjen Badilag Nomor: 5538/DjA/HK.05/XI/2019.

WhatsApp Image 2020 11 20 at 16.20.32

Ketua Pengadilan Agama Ruteng Irwahidah MS, S.Ag., M.H dalam sambutannya terkait hasil pembinaan dan pengawasan yang telah disampaikan meminta agar seluruh pegawai Pengadilan Agama Ruteng dapat menindaklanjuti secara bersama-sama sesuai dengan tugas, pokok dan fungsi masing-masing dalam rangka menwujudkan visi Pengadilan Agama Ruteng menjadi Pengadilan Agama yang Agung. Beliau juga mengucapkan terimakasih atas apresiasi yang telah diberikan kepada Pengadilan Agama Ruteng, dan semoga Monitoring dan Pengawasan Daerah ini semakin memicu semangat aparatur untuk lebih baik lagi. 

Selesai kegiatan monitoring, sempat dilaksanakan kegiatan DDTK penginputan konten pada website Pengadilan Agama Ruteng oleh salah satu tim monitoring yakni Junaidin, hal ini penting untuk dilakukan agar website Pengadilan Agama Ruteng dapat difungsikan dengan lebih baik lagi di dalam mempublikasikan unit kerja. (_Wazzan_)

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ruteng

Jalan  Satar  Tacik, Kelurahan Satar Tacik  Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur,  Kode Pos 86518

Telepon  : (0385) 2424045

 Faksmili  : (0385) 2424034 

 Email      : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Nomor Telpon Pengaduan 082144919665