header transparent

Pengaduan Layanan Publik

Ditulis oleh Redaktur on . Posted in Pengaduan Layanan Publik

Ditulis oleh Redaktur on . Dilihat: 862Posted in Pengaduan Layanan Publik

Pengaduan Layanan Publik

SYARAT DAN TATA CARA PENYAMPAIAN PENGADUAN :

A. Disampaikan Secara Tertulis
  1. Pengaduan hanya dapat diterima dan ditangani oleh Mahkarnah Agung, Pengadilan Tingkat Banding dan Pengadilan Tingkat Pertarna apabila disampaikan seeara tertulis oleh Pelapor;
  2. Pelapor dianjurkan untuk menggunakan formulir khusus untuk menyampaikan pengaduannya, baik dalam bentuk cetak maupun elektronik di situs resmi Mahkamah Agung. Meskipun demikian. pengaduan yang tidak menggunak formulir khusus tersebut tetap akan diterima dapat ditindaklanjuti;
  3. Dalam hal Pelapor memiliki kesulitan untuk membaca dan menulis, petugas di Mahkamah Agung atau Pengadilan akan membantu menuangkan pengaduan yang ingin disampaikan Pelapor secara tertulis dalam formulir khusus pengaduan.
B. Menyebutkan Informasi Dengan Jelas
  1. Untuk mempermudah penanganan dan tindak. lanjut terhadap pengaduan yang disampaikan, Pelapor diharapkan dapat menyebutkan seeara jelas informasi mengenai:
    a Identitas Aparat yang dilaporkan, termasuk jabatan, serta satuan kerja atau pengadilan tempat Terlapor bertugas;
    b. Perbuatan yang dilaporkan;
    c. Nomor perkara, apabila perbuatan yang diadukan berkaitan dengan pemeriksaan suatu perkara; dan
    d. Menyertakan bukti atau keterangan yang dapat mendukung pengaduan yang disampaikan. Bukti atau keterangan ini termasuk nama, alamat dan nomor kontak pihak lain yang dapat dimintai keterangan lebih lanjut untuk memperkuat pengaduan Pelapor.
  2. Pelapor sedapat mungkin diharuskan untuk mencantumkan identitasnya. Namun demikian selama informasi dalam pengaduan yang disampaikan benar dan memiliki dasar yang kuat, pengaduan yang tidak mencantumkan identitas akan tetap ditindaklanjuti oleh Mahkamah Agung.
C. Tata Cara Pengiriman
  1. Pengaduan ditujukan kepada:
    a Ketua atau Wakil Ketua pada Pengadilan Tingkat Pertama atau Pengadilan Tingkat Banding di mana Terlapor bertugas; atau
    b. Ketua Wakil Ketua Mabkamah Agung Bidang Non Yudisial, atau Ketua Muda Pengawasan dengan tembusan kepada Kepala Badan Pengawasan.
  2. Apabila pengaduan dikirimkan melalui pos dalam amplop tertutup, maka harus disebutkan secara jelas bahwa isi amplop tersebut adalah pengaduan dengan menuliskan kata "PENGADUAN pada Pengadilan" pada bagian kiri atas muka amplop tersebut.

MATERI PENGADUAN :

Materi pengaduan meliputi hal-hal sebagai berikut :
1. Pelanggaran terhadap kode etik dan/atau pedoman perilaku hakim;
2. Penyalahgunaan wewenang/jabatan;
3. Pelanggaran sumpah jabatan;
4. Pelanggaran terhadap peraturan disiplin Pegawai Negeri Sipil;
5. Perbuatan tercela, yaitu berupa perbuatan amoral, asusila, atau perbuatan- perbuatan yang tidak selayaknya dilakukan oleh seorang aparat lembaga peradilan, maupun selaku anggota masyarakat;
6. Pelanggaran hukum acara, baik yang dilakukan dengan sengaja, maupun karena kelalaian dan ketidakpahaman;
7. Mal administrasi, yaitu terjadinya kesalahan, kekeliruan atau kelalaian yan bersifat administratif;
8. Pelayanan publik yang tidak memuaskan yang dapat rnerugikan pihak-pihak yan berkepentingan serta masyarakat secara umun.

WEWENANG PENGADILAN AGAMA RUTENG (PENGADILAN TINGKAT PERTAMA) :

1. Pengadilan Tingkat Pertama hanya memiliki kewenangan sebatas menerima pengaduan, dan berkewajiban untuk meneruskan pengaduan tersebut kepada Pengadilan Tingkat Banding atau Mahkamah Agung dalam jangka waktu yang ditentukan dalam pedoman ini;
2. Pengadilan Tingkat Pertama hanya dapat menangani pengaduan yang berkaitan dengan unit kerja atau aparat di pengadilan yang bersangkutan berdasarkan perintah dari Pimpinan Pengadilan Tingkat Banding atau Pimpinan Mahkamah Agung;

PENGADUAN YANG DITERIMA PENGADILAN TINGKAT PERTAMA :

1. Pengadilan Tingkat Pertama meneruskan setiap pengaduan yang diterimanya kepada Pengadilan Tingkat Banding selambat-lambatnya dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari kerja sejak pengaduan diterima;
2. Dalam hal suatu pengaduan jelas merupakan kewenangan Badan Pengawasan atau Pengadilan Tingkat Pertama tidak mengetahui di pengadilan dimana Terlapor bertugas, Pengadilan Tingkat Pertama meneruskan pengaduan tersebut kepada Badan Pengawasan dengan tembusan kepada Pengadilan Tingkat Banding, selambat-lambatnya dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari kerja sejak pengaduan diterima.

Cara menyampaikan pengaduan ke Pengadilan Agama Ruteng :

A. Secara lisan

1. Melalui telepon (0385) 2424045, Faximile 0385) 2424034 yakni pada saat jam kerja mulai pukul 08.00 s/d 16.30 WITA;

2. Datang langsung ke kantor Pengadilan Agama Ruteng Jalan Satar Tacik Nomor 01, Kelurahan Satar Tacik Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

B. Secara tertulis

1. Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada pimpinan dalam hal ini Ketua Pengadilan Agama Ruteng, dengan cara diantar langsung, dikirim melalui faxsimile, atau melalui pos ke alamat kantor di Jalan Satar Tacik Nomor 01, Kelurahan Satar Tacik Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur;

2. Atau menyampaikan secara tertulis melalui surat eloktronik dengan alamat pa.paruteng@gmail;

3. Pengaduan secara tertulis wajib dilengkapi fotokopi identitas dan dokumen pendukung lainnya seperti dokumen lainnya yang berkaitan dengan pengaduan yang akan disampaikan.

Penerimaan Pengaduan oleh Pengadilan Agama Ruteng :

1. Pengadilan Agama Ruteng akan menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis;
2. Pengadilan Agama Ruteng akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan;
3. Pengadilan Agama Ruteng akan memberikan tanda terima, jika pengaduan diajukan secara tertulis;
4. Pengadilan Agama Ruteng hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang mencantumkan identitas pelapor.

Statistik Laporan Pengaduan Tahun 2021

BULAN

PENGADUAN BULAN LALU

PENGADUAN YANG DITERIMA

PENGADUAN YANG DITINDAKLANJUDTI

PENGADUAN YANG DI TERUSKAN KE TINGKAT BANDING

SISAYANG BELUM DI TINDAK LANJUTI

JANUARI

NIHIL

-

-

-

-

FEBRUARI

NIHIL

-

-

-

-

MARET

NIHIL

-

-

-

-

APRIL

-

-

-

-

   

-

-

-

-

   

-

-

-

-

   

-

-

-

-

   

-

-

-

-

   

-

-

-

-

   

-

-

-

--

   

-

-

-

-

Statistik Laporan Pengaduan Tahun 2020

BULAN

PENGADUAN BULAN LALU

PENGADUAN YANG DITERIMA

PENGADUAN YANG DITINDAKLANJUDTI

PENGADUAN YANG DI TERUSKAN KE TINGKAT BANDING

SISAYANG BELUM DI TINDAK LANJUTI

JANUARI

NIHIL

-

-

-

-

FEBRUARI

NIHIL

-

-

-

-

MARET

NIHIL

-

-

-

-

APRIL

NIHIL

-

-

-

-

MEI

NIHIL

-

-

-

-

JUNI

NIHIL

-

-

-

-

JULI

NIHIL

-

-

-

-

AGUSTUS

NIHIL

-

-

-

-

SEPTEMBER

NIHIL

-

-

-

-

NOVEMBER

NIHIL

-

-

-

--

DESEMBER

NIHIL

-

-

-

-

Statistik Laporan Pengaduan Tahun 2019

BULAN

PENGADUAN BULAN LALU

PENGADUAN YANG DITERIMA

PENGADUAN YANG DITINDAKLANJUDTI

PENGADUAN YANG DI TERUSKAN KE TINGKAT BANDING

SISAYANG BELUM DI TINDAK LANJUTI

JANUARI

NIHIL

-

-

-

-

FEBRUARI

NIHIL

-

-

-

-

MARET

NIHIL

-

-

-

-

APRIL

NIHIL

-

-

-

-

MEI

NIHIL

-

-

-

-

JUNI

NIHIL

-

-

-

-

JULI

NIHIL

-

-

-

-

AGUSTUS

NIHIL

-

-

-

-

SEPTEMBER

NIHIL

-

-

-

-

NOVEMBER

NIHIL

-

-

-

--

DESEMBER

NIHIL

-

-

-

-

Statistik Laporan Pengaduan Tahun 2018

 

BULAN PENGADUAN BULAN LALU PENGADUAN YANG DITERIMA PENGADUAN YANG DITINDAKLANJUTI PENGADUAN YANG DITERUSKAN KE TINGKAT BANDING SISA YANG BELUM DITINDAKLANJUTI
JANUARI Nihil - - - -
FEBRUARI Nihil - - - -
MARET Nihil - - - -
APRIL Nihil - - - -
MEI Nihil - - - -
JUNI Nihil - - - -
JULI Nihil - - - -
AGUSTUS Nihil - - - -
SEPTEMBER Nihil - - - -
OKTOBER Nihil - - - -
NOVEMBER Nihil - - - -
DESEMBER Nihil - - - -

_____________________________________________________________________________________________________________________________

Siwas MARI

 Form Pengaduan, sebagai berikut :

    Formulir Pengaduan Masyarakat ; Klik Disini & Klik Disini

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ruteng

Jalan  Satar  Tacik, Kelurahan Satar Tacik  Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur,  Kode Pos 86518

Telepon  : (0385) 2424045

 Faksmili  : (0385) 2424034 

 Email      : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Nomor Telpon Pengaduan 082144919665